Supporting Social Engagement
KAI berkomitmen untuk menghadirkan layanan transportasi yang inklusif dan setara bagi seluruh pelanggan. Kami secara konsisten meningkatkan berbagai aspek pelayanan guna memastikan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan berkesan. Salah satu langkah utama kami adalah memberikan pelatihan intensif kepada frontliner agar mereka dapat memberikan layanan yang ramah, profesional, dan responsif terhadap kebutuhan penumpang.
Selain itu, KAI secara rutin mengadakan survei kepuasan pelanggan, yang menjadi dasar bagi penyempurnaan layanan di masa mendatang. Umpan balik pelanggan membantu kami dalam menciptakan standar pelayanan yang lebih baik, lebih inklusif, dan lebih berorientasi pada kebutuhan pengguna.
Fasilitas Inklusif bagi Seluruh Penumpang
Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap aksesibilitas dan kenyamanan, KAI menyediakan berbagai fasilitas ramah difabel dan inklusif bagi semua pelanggan. Hingga saat ini, kami telah menghadirkan:
Kami percaya bahwa pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman adalah hak semua orang. Oleh karena itu, kami terus berupaya menghadirkan inovasi layanan yang semakin inklusif dan berorientasi pada kesejahteraan seluruh pelanggan.
Pertimbangan Keamanan Transportasi:
Keamanan transportasi adalah prioritas utama bagi PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam menyediakan layanan transportasi penumpang. Kecelakaan fatal yang melibatkan penumpang tidak hanya berdampak langsung pada korban dan keluarga, tetapi juga dapat memengaruhi reputasi perusahaan serta pertumbuhan pendapatan jangka panjang. Oleh karena itu, PT KAI secara konsisten melacak dan memantau kecelakaan fatal yang terjadi selama operasional, untuk memastikan bahwa semua standar keselamatan dipenuhi, risiko-risiko berbahaya dapat diidentifikasi, serta langkah-langkah keselamatan yang lebih baik dapat diimplementasikan.
Laporan Kecelakaan Fatal Penumpang:
PT KAI secara transparan melaporkan jumlah kecelakaan fatal penumpang yang terjadi dalam empat tahun fiskal terakhir sebagai bagian dari komitmen perusahaan terhadap keselamatan dan transparansi operasional.
Berikut adalah jumlah kecelakaan fatal penumpang yang tercatat pada periode 2021–2024:
| Periode | 2021 | 2022 | 2023 | 2024 |
| Jumlah Penumpang Meninggal akibat Kecelakaan Fatal | 0 | 0 | 0 | 0 |
Dalam empat tahun terakhir KAI mencatat 0 (nol) fatalitas penumpang, menegaskan efektivitas penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam melindungi pelanggan serta menjaga kepercayaan publik.
Di era digital yang terus berkembang, PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus beradaptasi dengan cepatnya perubahan teknologi dan kebutuhan pelanggan. Kami berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman pelanggan melalui pemanfaatan platform online, yang tidak hanya mempermudah akses layanan bagi pelanggan, tetapi juga meningkatkan kinerja bisnis secara keseluruhan.
Penggunaan Layanan Online oleh Pelanggan:
PT KAI menyediakan berbagai layanan online yang memungkinkan pelanggan untuk memesan tiket, memeriksa jadwal, dan mengakses layanan lainnya melalui website dan aplikasi resmi. Kami terus berinovasi dan mengembangkan kemampuan digital kami untuk memastikan bahwa pelanggan dapat dengan mudah mengakses layanan kami kapan saja dan di mana saja.
Berikut adalah informasi mengenai penggunaan layanan online oleh pelanggan berdasarkan data untuk Kereta Api Utama dan Kereta Api Lokal KAI:
Channel Pemesanan Online:
Channel Pemesanan Offline: Hanya melalui Loket Stasiun.
Transaksi
| Tahun | Online (Transaksi) | Online (%) | Offline (Transaksi) | Offline (%) |
| 2021 | 11,730,205 | 66.63% | 5,873,638 | 33.37% |
| 2022 | 23,871,095 | 83.55% | 4,698,362 | 16.45% |
| 2023 | 31,087,384 | 88.90% | 3,882,813 | 11.10% |
| 2024 | 33,440,557 | 91.03% | 3,293,740 | 8.97% |
Revenue
| Tahun | Online (Rp) | Online (%) | Offline (Rp) | Offline (%) |
| 2021 | Rp1,839,619,695 | 90.99% | Rp182,082,187 | 9.01% |
| 2022 | Rp5,920,864,801 | 92.56% | Rp475,578,486 | 7.44% |
| 2023 | Rp8,378,739,172 | 92.71% | Rp658,630,488 | 7.29% |
| 2024 | Rp9,928,580,907 | 93.25% | Rp718,944,812 | 6.75% |
Sebagai perusahaan yang beroperasi pada bidang jasa transportasi, KAI terus berupaya untuk dapat mengetahui dan melakukan evaluasi terhadap layanan yang diberikan bagi pelanggan. Hasil evaluasi merupakan dasar bagi KAI dalam menyusun prioritas perbaikan untuk periode berikutnya. Hal tersebut dilaksanakan antara lain melalui riset pasar yang dilakukan KAI secara berkala setiap semester pada beberapa stasiun kereta di kota-kota besar Jawa dan Sumatra. Survei kepuasan pelanggan yang dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia dengan skor skala 1 (sangat tidak puas) sampai skala 5 (sangat puas).
Data Customer Satisfaction Measurement PT Kereta Api Indonesia (Persero)
| 2021 | 2022 | 2023 | 2024 | |
| Satisfaction Measurement | 4,34 | 4,39 | 4,44 | 4,51 |
| Jumlah Responden | 5.000 | 5.000 | 5.000 | 6.220 |
| Volume Penumpang | 23.022.715 | 39.562.202 | 48.507.938 | 51.839.503 |
| Data Coverage | 1% | 1% | 1% | 1% |